STKIP-STIE Yapis Teken MoU dengan LSM Australia

Pusakapublik.com. – STKIP Yapis Dompu dan STIE Yapis Dompu terus gencar melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu yang terbaru adalah penandatanganan Memorandum of Undestanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Millenium Kids Inc, sebuah lembaga swadaya masyarakat bereputasi asal Australia.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Ketua STKIP Yapis sekaligus Plt. Ketua STIE Yapis Dompu Dr Dodo Kurniawan SE ME, CEO Millenium Kids Inc Katrina Luz Aniera dan CO President Millenium Kids Inc Youth Board, Issabel Poll, di kampus STKIP Yapis, Selasa (10/1/2023).

Dalam sambutannya, Dr Dodo Kurniawan SE ME menjelaskan saat ini pihaknya terus menggencarkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan baik kalangan dunia usaha dan industri, swasta, pemerintah (daerah) maupun sesama perguruan tinggi.

”Sebelumnya kami juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa kampus di luar negeri seperti Malaysia, Filipina dan Myanmar dalam rangka internasionalisasi STKIP-STIE Yapis Dompu,” ujarnya.

Dia berharap para mahasiswa  dapat mengambil bagian dari sejumlah kerjasama tersebut untuk meningkatkan mutu lulusan, tidak hanya berdaya saing secara nasional tapi juga internasional.

Ketua STKIP Yapis sekaligus Plt. Ketua STIE Yapis Dr Dodo Kurniawan SE ME, CEO Millenium Kids Inc Katrina Luz Aniera dan CO President Millenium Kids Inc Youth Board, Issabel Poll, di kampus STKIP Yapis, Selasa (10/1/2023).

Dijelaskannya, berbagai tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dewasa ini tidak dapat dihadapi sendirian tetapi harus dipecahkan dengan cara berkolaborasi dan bekerjasama dengan semua pihak.

Dodo menambahkan, peningkatan kompetensi mahasiswa tidak cukup hanya dilakukan melalui perkuliahan dalam kelas tetapi juga dengan mengundang pihak lain misalnya dalam bentuk kuliah umum dan lainnya.

“Nah, penandatanganan MoU ini dapat menjadi titik masuk dalam rangka mengundang pihak Millenium Kids untuk memberikan kuliah di kampus STKIP-STIE  Yapis atau sebaliknya mahasiswa STKIP-STIE Yapis dapat berkunjung ke Australia,” ujar Dae Awan, panggilan akrab Dr Dodo.

Dodo mengungkapkan, Millenium Kids adalah LSM yang konsen dengan isu lingkungan dan perubahan iklim sehingga cocok dengan permasalahan yang  dihadapi Dompu saat ini yakni alih fungsi  hutan karena dijadikan ladang jagung.

“Selain itu, kita juga punya matakuliah Pendidikan Lingkungan Hidup sehingga kerjasama dengan pihak Millenium Kids ini akan kita dorong ke sana,” tambahnya.

Foto bersama Ketua STKIP Yapis sekaligus Ketua STIE Yapis Dompu Dr Dodo Kurniawan SE ME, CEO Millenium Kids Inc Katrina Luz Aniera dan CO President Millenium Kids Inc Youth Board, Issabel Poll, Tim Millennium Kids beserta Dosen (10/1/2023).

Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Ismail Ilyas MA menjelaskan, Millenium Kids merupakan LSM bereputasi internasional dan memiliki hubungan dekat baik  dengan pemerintah Australia maupun dunia pendidikan di Australia.

Diketahui Millenium Kids juga menjalin kerjasama dengan Yayasan We Save Kabupaten Dompu, bahkan mensponsori kunjungan Ismail bertemu dengan Perdana Menteri Australia, Julia, saat Ismail menjadi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Yapis beberapa tahun lalu (10).  

Dilihat sebanyak : 109 views