Tingkatkan Kinerja, Ketua STKIP Yapis Pimpin Rapat Evaluasi

Pusakapublik.com. Dompu– STKIP Yapis Dompu hari ini, Sabtu 2 Maret 2024, menggelar Rapat Evaluasi dan Pembagian Tugas Dosen semester Genap 2023/2024.

Kegiatan rutin tiap semester ini tidak sekadar pembagian tugas mengajar tapi juga menjadi momentum evaluasi kinerja dosen.

Ketua STKIP Yapis Dompu Dr Dodo Kurniawan SE ME saat memberikan sambutan menyampaikan beberapa catatan dan pesan.

Salah satunya agar dosen yang melakukan kegiatan pengabdian di luar kampus agar berkoordinasi dan melaporkan kegiatannya kepada LPPM.

“Ini penting bapak ibu karena terkait dengan rekognisi maupun akreditasi kampus,” ujarnya. Dosen juga didorong untuk terus meningkatkan publikasi baik jurnal maupun buku dan lainnya untuk meningkatkan skor Sinta.

Ditambahkannya, saat ini skor Sinta kampus yang dipimpinnya menunjukkan performa yang menggembirakan untuk level sekolah tinggi yakni skornya lebih dari 5.000.

“Skor Sinta ini harus terus kita dorong agar klaster kampus kita terus naik,” harapnya. Diingatkan, tiap dua tahun sekali Kemendikbud Ristek merilis peringkat perguruan tinggi. “Jangan sampai klaster kita yang kini berada di klaster madya turun ke klaster yang lebih rendah,” ucapnya.

Dodo juga berharap agar para dosen mengintensifkan bimbingan tugas akhir mahasiswa. Sebab, kata dia, saat ini mahasiswa yang sudah melaksanakan seminar proposal baru 33 dari 200 lebih mahasiswa.

“Selain itu, perbaiki lagi proses pelepasan maupun laporan mahasiswa MBKM. Jangan sampai ada kegiatan tapi tidak dokumennya, ” katanya.

Untuk itu Dodo meminta kepada bagian kemahasiswaan agar membangun koordinasi antara pimpinan, Kaprodi dan Kabag.

Sementara itu Kepala LPM Titi Pujiarti menyatakan, pada semester ganjil lalu
persentasi kehadiran dosen di atas 80 persen (8 jam sehari).

Titi juga mensinyalir bahwa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) belum seragam. Begitu pun belum melampirkan rubrik penilaian.

“Soal-soal ujian semester juga belum terintegrasi HOTS. Padahal ini nanti berhubungan dengan. akreditasi,” tuturnya.

Selain itu, kampus juga belum punya rumpun matakuliah.
Dia juga berharap agar kegiatan Pengabdimas tidak sekadar memenuhi syarat BKD.

Rapat evaluasi dan pembagian tugas diikuti seluruh dosen STKIP Yapis Dompu. (003)

Dilihat sebanyak : 285 views