Rayakan Hari Pers Nasional, Sekda Dompu: Pers Dompu Cerdas dan Kritis

Dompu, pusakapublik com – Situs berita banyak tersedia, Lambat sedikit berita pun usang, Pers Dompu cerdas dan kritis untuk menyebarkan informasi, Selamat Hari Pers Nasional, Jayalah Selalu, itulah untaian bait pantun yang dibacakan Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes, di Acara Silaturahmi Pemerintah Kabupaten Dompu bersama Insan Pers yang digelar dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2002, di Aula Pendopo Bupati Dompu, Rabu (09/02/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Dompu yang mewakili Bupati Dompu, Kader Jaelani, dalam amanatnya menyampaikan ajang Silaturahim antara Insan Pers dengan Pemda Dompu merupakan hal yang pertama kali diselenggarakan, dan kegiatan ini menjadi langkah maju dalam masa pemerintahan AKJ-SYAH.

“Lewat kegiatan silaturahim ini kami berharap ada masukan, kritikan usul dan saran yang sifatnya membangun dari Insan Pers untuk memacu kami bekerja lebih baik lagi dalam mensejahterakan masyarakat sesuai dengan harapan kita semua”, ucapnya.

Lanjutnya Lagi, lewat pemberitaan yang disampaikan media, masyarakat bisa mengetahui, mengikuti, bahkan dapat mengontrol berbagai program dan kegiatan pembangunan yang ada.

“Tentunya berita yang ditulis atau yang disampaikan oleh media ke masyarakat telah diseleksi, memenuhi syarat dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat berdasarkan kode jurnalistik yang ada”, paparnya.

Berikutnya Gatot Gunawan PP menambahkan, Pers dengan fungsi kontrolnya, dapat mengoreksi, mengkritik dengan konstruktif dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang dijalankan pemerintah.

“Untuk itu jurnalis diharapkan bisa bekerja profesional, dapat menyajikan berita secara aktual dan terpercaya, mendidik dan berimbang”, harapnya.

Kemudian Sekda Gatot Gunawan PP juga berharap kepada awak media untuk terus mendukung berbagai program pembangunan yang telah dicanangkan Pemerintah Daerah termasuk Program unggulan Jarapasaka.

“Sinergitas yang telah terjalin baik di era sebelumnya agar lebih ditingkatkan lagi agar Visi Dompu MASHUR yan menjadi mimpi atau harapan seluruh elemen masyarakat daerah ini bisa terwujud dengan baik”, ingatnya.

Kemudian pada kesempatan yang sama Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Md.Par, menyampaikan kepada insan pers, untuk “Good Looking” saat mengkonfirmasi sebuah berita, kemudian dalam menggali atau menyajikan sebuah informasi haruslah berimbang, dan informasi yang disampaikan tidak cenderung bersifat profokatif akan tetapi lebih mengutamakan edukatif.

“Bagaimana pun setiap tulisan yang teman-teman pers beritakan di era digitalisasi media sekarang, ketika dipublish dalam hitungan detik seluruh masyarakat dunia langsung bisa membacanya”, pesannya. ( Ardin ).

Bagikan ke :
Dilihat sebanyak : 196 views

Berita Terpopuler

Berita Pilihan