Puncak Balapan MotoGP Diprediksi terjadi Penumpukan Penonton

Mandalika, pusakapublik – Pihak kepolisian harus bekerja keras untuk mengurai kemacetan pada puncak balapan MotoGP pada Minggu (20/03/2022) pekan depan. Kemungkinan besar akan terjadi kerumunan penonton untuk menukarkan tiket pada hari itu”, ujar Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto.

Pasalnya, pada puncak balapan MotoGP, diperkirakan akan ada 65 ribu hingga 100 ribu penonton yang hadir. Mereka akan menggunakan kendaraan pribadi menuju parkir di Parkir Timur dan Parkir Barat.

Meski pihak panitia sudah menambah lokasi penukaran tiket di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram dan eks Embarkasi Haji Bandara BIZAM. Sayangnya, untuk penukaran tiket hanya berlangsung pada 15-17 Maret. Di kedua lokasi tersebut untuk mempermudah warga Lombok dan sekitarnya. Meski sudah disiapkan shuttle bus dari dua lokasi tersebut pada 18-20 Maret.

Kebanyakan mayoritas penonton berada datang dari luar Lombok dengan menggunakan pesawat terbang dan juga lewat jalur laut dari Pelabuhan Padang Bai, Bali menuju Pelabuhan Lember, NTB. Sehingga mereka nanti akan langsung ke Parkir Timur dan Parkir Barat untuk menukarkan tiket.

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP), memperdiksi lonjakan pengguna penyebarangan akan terjadi pada 19 Maret.

General Manager PT ASDP Lembar, Muhammad Yasin mengatakan, pihaknya akan berupaya maksimal mendukung pelayanan penyeberangan masyarakat khususnya di Pelabuhan Padang Bai, Bali dan Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat. Apalagi jelang gelaran MotoGP di Mandalika.

“Diperkirakan 21.700 orang sudah membeli tiket dan sudah menginap di Bali, kemungkinan 19 Maret pagi terjadi lonjokan pengguna jasa penyeberangan pelabuhan di Bali dan NTB,” ujar Yasin, Sabtu (12/3/2022).

Yasin memprediksi, peningkatan kedatangan masyarakat yang ingin menonton MotoGP di Mandalika yaitu pada 19 dan 20 Maret. Selain itu, ASDP Lembar memprediksi arus balik warga usai menonton MotoGP akan terjadi pada 20-21 Maret 2022 mendatang.

“Kemungkinan 20 Maret sore sudah pada pulang kembali ke menggunakan jasa pelabuhan Lembar menuju Bali,” ungkap Yasin.

Lonjakan pengguna pesawat juga diprediksi akan terjadi pada 18, 19 dan 20 Maret mendatang. Berdasarkan data dari PT Angkasa Pura, jumlah penumpang yang datang ke Bandara Internasional Lombok pada 17 Maret sebanyak 9.544 orang, kemudian di hari berikutnya 8.614 orang dan pada 19 Maret ada 8.436 penumpang.

Untuk diketahui, sebelumnya Polda NTB sudah meminta ada penambahan lokasi tiket untuk di eks Embarkasi Haji Bandara BIZAM, eks Bandara Selaparang dan juga di Pelabuhan Lembar. Untuk mengurai kerumunan orang pada saat penukaran tiket pada Hari H.

Namun yang disetujui hanya dua lokasi yaitu Selaparang dan eks embarkasi haji Bandara BIZAM. Selain itu untuk di kedua lokasi tersebut, hanya dibuka pada 15-17 Maret 2022. Panitia sudah menyiapkan shuttle bus disana untuk mengangkut penonton menuju lokasi Gate 1,2 dan 3.

Setelah itu, penukaran tiket akan terpusat di Parkir Timur dan Parkir Barat pada 18-20 Maret 2022. ( Ardin ).

Bagikan ke :
Dilihat sebanyak : 142 views

Berita Terpopuler

Berita Pilihan