10 Mahasiswa  STKIP Yapis Lolos Program Kampus Mengajar

Pusakapublik.com. Dompu, – Sebanyak 10 orang mahasiswa STKIP Yapis Dompu dinyatakan lolos program Kampus Mengajar Angkatan ke-5 Kemendikbud Ristek 2023.

Kepala Bagian Kemahasiswaan STKIP Yapis Dr Rizky Arismunandar MPd menyatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan pertemuan dan menyepakati dengan peserta yang lolos untuk menetapkan sekolah tempat mereka mengajar nanti.

“Kami sudah sepakati bahwa para mahasiswa nanti akan mengajar di SDN 1 Pajo dan SDN 12 Dompu,” kata Rizky, Kamis (5/1/2023).

Penetapan sekolah sasaran, kata Rizky, berdasarkan pertimbangan kemudahan akses dan posko tempat berkumpul para peserta.

Penugasan dan penempatan peserta juga akan dilakukan secara acak dan akan digabung dengan peserta lain se Pulau Sumbawa, demikian pula dengan penetapan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ditambahkannya, ke-10 mahasiswa yang lolos program Kampus Mengajar tersebut semuanya berasal dari semester lima dari lima Program Studi yakni Program Studi Pendidikan Sejarah (3 orang), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (3 orang), Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (1 orang), Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (1 orang) dan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (2 orang).

Dari Prodi Pendidikan Sejarah yakni Nurhairatu, Junaidin dan Nurhairatu; Pendidikan Bahasa Inggris (Karmila, Imelda Saputri dan Muhammad Yanbaqi Abidin Putra); PBSI (Yanti Febriyanti); PJKR (Juliana Putri Mentari); dan PGSD (Ika dan  Maryatun Islamiyah).

Menurut Rizky, peserta program Kampus Mengajar akan melakukan aktivitas mengajar di sekolah masing-masing selama satu semester. Mereka, kata Rizky, akan dibebaskan dari seluruh kegiatan akademik di kampus.

“Nilai matakuliah mereka nanti akan dikonversi di akhir program,” jelas Rizky.

Dia berharap para mahasiswa dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk belajar dan menimba pengalaman sebagai calon guru dalam situasi nyata di sekolah.

Diketahui bahwa Kampus Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar dan Kampus Mengajar (MBKM) Kemendikbud Ristek. Program lainnya adalah Magang Bersertifikat, KKN Tematik, Kegiatan Kemanusiaan, Kewirausahaan  dan Pertukaran Mahasiswa (10).  

Dilihat sebanyak : 97 views