Dosen STKIP Yapis Jadi Mentor Sekolah Guru Indonesia

Dompu, Pusakapublik.com, – Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Yapis Dompu Arif Bulan MPd dipercaya sebagai mentor program Nusantara Go yang merupakan kerjasama Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa,  Sekolah Guru Indonesia (SGI), British Council dan Peartree Languages, Inggris.

Salah satu kegiatannya adalah  mengadakan program pelatihan peningkatan kompetensi guru bahasa Inggris bersama penutur asli (native speaker).

“Kegiatan pelatihan tersebut melibatkan course participants atau peserta sebanyak 20 guru bahasa Inggris di Kabupaten Dompu,” ujar Arif Bulan di kampus STKIP Yapis, Rabu (7/12).

Menurut dia, kegiatan pelatihan diadakan secara daring (online) mulai bulan April sampai Desember, dimana peserta mengikuti zoom meeting sekali sepekan. Menurut Arif Bulan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Inggris abad ke-21.

Program ini, lanjutnya,  memiliki tiga luaran wajib bagi guru bahasa Inggris yaitu memiliki kompetensi mengajar abad menghadapi ke-21, mampu membuat E-book, dan  mampu melakukan  penelitian tindakan kelas (PTK).

Setelah berlangsung selama Sembilan bulan, akhirnya program kegiatan Nusantara-Go ini ditutup oleh Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Dompu Drs I Made Suprapta MPd, di Kafe Laberka, Dompu Senin (5/12).

Kabid GTK menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat sekali bagi guru, apalagi dalam kurikulum Merdeka ini guru dituntut untuk sangat aktif dalam hal teknologi.

“Selain itu PTK bisa menjadi salah satu instrumen  bagi guru agar bisa naik pangkat,” ujar I Made Suprapta. Sebagai mentor Arif Bulan juga menyampaikan terima kasih pada guru-guru yang telah berpartisipasi  dalam kegiatan ini (10).

Dilihat sebanyak : 116 views