STKIP Yapis Gelar Family Gathering di Pantai Nanga To’i

Pusakapublik.com, Dompu.- Keluarga besar STKIP Yapis Dompu menggelar kegiatan Family Gathering di Pantai Nanga To’I, Desa Lasi Kecamatan Kilo, Dompu selama dua hari, Sabtu dan Minggu (18-19/2/2023).

Kegiatan diikuti 106 mahasiswa dan dosen dan pegawai di lingkup STKIP Yapis Dompu. Waket 3 Bidang Kemahasiswaan STKIP Yapis sekaligus penanggung jawab kegiatan Budiman MPd menjelaskan, kegiatan tersebut dikhususkan untuk mahasiswa semester empat penerima beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) dari enam Program Studi yang ada.

“Selain untuk silaturrahim, kegiatan Family Gathering ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan membangun motivasi bagi para mahasiswa penerima beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar, red),” terang Budiman kepada media ini di kampus jelang keberangkatan, Sabtu (18/2).

Dikatakannya, pada tahun akademik 2021/2022 STKIP Yapis Dompu mendapatkan alokasi mahasiswa penerima beasiswa KIP sebanyak 162 orang.

“Beasiswa ini bersumber dari Kementerian Ristek Dikti. Mahasiswa kuliah gratis hingga wisuda karena seluruh komponen biaya ditanggung pihak Kementerian,” ujar Budiman.

 Karena itu, kata dia, mereka diharapkan mampu berprestasi dan menunjukkan kesungguhan bahkan harus lebih unggul daripada mahasiswa kelas regular atau yang tidak mendapatkan beasiswa. Untuk itu, tambah Budiman, pihaknya mengharapkan adanya kerjasama dan dukungan terutama dari mahasiswa.

Sementara itu Waket 2 Bidang Administrasi Keuangan Enung Nurhasanah MSi menyatakan, kegiatan Family Gathering diikuti 102 mahasiswa, sedangkan 60 lainnya tidak dapat berpartisipasi. Saat berbicara di hadapan peserta Sabtu malam (18/2) di Pantai Nanga Toi’I, dia menegaskan mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut akan dievaluasi.

“60 mahasiswa yang tidak ikut kegiatan ini akan kami evaluasi,” tegas perempuan asal Bandung ini.

Di tempat yang sama Ketua STKIP Yapis Dompu Dr Dodo Kurniawan SE ME mendorong mahasiswa agar terus meningkatkan kemampuan, kompetensi dan motivasi belajar. “Kita boleh kuliah di kampus lokal tapi harus punya daya saing global,” ujarnya.

Dr Dodo yang akrab disapa Dae Awan juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerjasama semua pihak atas kegiatan Family Gathering tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan  kepada masyarakat Kilo umumnya, juga  aparat dan petugas medis dan keamanan yang sudah membantu kami selama kegiatan ini,”ujarnya.

Sedangkan Kabag Akademik Arifin M.MPd pada saat yang sama juga mengingatkan mahasiswa agar lebih disiplin mencermati setiap informasi dan tahapan akademik di kampus.

“Demi kelancaran kegiatan akademik saya harapkan saudara-saudara untuk rajin-rajin mengikuti setiap informasi di kampus,” harapnya.

Arifin mengibaratkan pihaknya hadir untuk membantu dan menyelesaikan masalah, sehingga jangan sampai masalah justru timbul dari mahasiswa dengan alasan tidak tahu informasi di kampus.

“Jadi kami harapkan mahasiswa tahu mengenai jadwal pengumuman KHS (Kartu Hasil Studi, red) atau pengurusan KPMK (Kartu Pengajuan Mata Kuliah, red). Untuk mengetahui nilai hasil kuliah di semester ganjil kemarin anda bisa melihat informasi KHS-nya tanggal 20 Februari ini, termasuk perbaikan nilainya,” tambah Arifin.

Selain informasi tentang kegiatan akademik, kegiatan Family Gathering ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seru lainnya seperti balap karung, tebak lagu, senam bersama, api unggun, pembacaan puisi dan bersih pantai.  

Babinsa Desa Lasi Sertu Nurdin menyambut gembira kegiatan tersebut guna memperkenalkan destinasi wisata Pantai Nanga To’i.

“Kami senang dan gembira dengan kehadiran adik-adik mahasiswa ini, semoga semakin memperkenalkan kehadiran tempat wisata di desa Lasi ini,” ujarnya saat berbincang dengan media ini Sabtu (18/2).

Sebagai aparat, dia juga menjamin keamanan seluruh tamu yang berkunjung ke Pantai Nanga To’i.

Selama kegiatan berlangsung aparat keamanan maupun medis terlihat selalu berjaga-jaga di area kegiatan. Petugas dan mobil ambulance dari Puskesmas Kilo tampak terparkir termasuk malam hari di dekat tenda-tenda mahasiswa.

Demikian pula aparat dan mobil patroli dari Kepolisian Resort Kecamatan Kilo melakukan pantauan dan berpatroli selama kegiatan berlangsung (10).

Dilihat sebanyak : 382 views