Bupati Dompu Buka Kegiatan Pelatihan UMKM hasil Laut di Kec Kilo

Dompu, pusakapublik.com – Bupati Dompu Menghadiri sekaligus Membuka Acara Bupati Dompu Menghadiri sekaligus Membuka Acara Diklat Manajemen Usaha Kecil Pengolahan Hasil Laut (Dak Non Fisik) yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2022, di Kantor Camat Kiloyang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu Tahun Anggaran 2022, di Kantor Camat Kilo. Senin, (14/03/222).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs. H. Muhibudin, M.Si Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Syamsul Ma’rid,ST , Camat Kilo Dra. St. Nurnaimah, Kades Taropo dan elemen pentinglainnya.

Dalam momen ini Bupati Kader Jaelani menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan diklat bagi usaha kecil yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Dompu menyambut baik atas terselenggaranya diklat manajamen usaha kecil pengolahan hasil laut. Lewat kesempatan ini juga, menjadi ajang silaturahmi antara Dinas Koperasi dan UKM serta para pelaku usaha di Kecamatan Kilo,” tutur Bupati.

Lanjutnya , dia menjelaskan sektor perikanan merupakan salah satu konsen dari Program AKJ-SYAH yakni Jara Pasaka (Jagung, Porang, Padi Sapi dan Ikan). Hasil tangkap ikan yang selama ini mungkin belum dimanfaatkan dengan baik yang hanya langsung dijual ke pasar atau mungkin sudah diolah tapi masih melakukan secara tradisional belum bisa memberikan hasil yang besar untuk peningkatan hasil perekonomian para nelayan atau pelaku usaha di kecamatan Kilo.

“Adanya pelatihan manajamen UMKM pada hari ini akan membantu para pelaku usaha mengolah hasil tangkap ikan dari nelayan dengan cara-cara modern,” tegasnya.

Dalam waktu bersamaan Kepala Dinas Koperasi dan UKM H. Khairul Insan, SE. MME menjelaskan terkait Diklat Manajemen Usaha Kecil Pengolahan Hasil Laut (Dak Non Fisik) dipilihnya Kecanatan Kilo sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan ini setelah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindag n dan Dinas Nakertran untuk menjadikan Kilo sebagai tempat terselenggaranya Diklat Manajeman.

“Berhubung di Kecamatan Kilo ada agenda besar yaitu industri pengalengan ikan sehingga kami mencoba mencari beberapa solusi bahwa untuk mengembangkan usaha disini, kami Dinas Koperasi UKM difokuskan ke Kilo untuk memberikan sosialisasi ke masyarakat Kilo secara khusus dan masyarakat Dompu secara umum bahwa Pemerintah Daerah sangat memberikan atensi yang besar bagi pengembangkan usaha mikro dan industri itulah kenapa memilih Kecamatan Kilo sebagai tempat penyelenggaranya diklat hari ini,” kata Kadis Koperasi.

Sambung Kadis Koperasi dan UKM terkait pelatihan Manajemen Usaha Kecil Pengolahan Hasil Laut berkaitan dengan Dak Non Fisik. Memang sasaran Dak Non Fisik ini adalah bagaimana pengembangan SDM sehingga pada tahun 2022 kami memprogramkan 7 kegiatan salah satunya kegiatan pelatihan ini. Dalam rangka mengembangkan SDM untuk menyambut industri pengkalengan ikan. ( Ardin ).

Dilihat sebanyak : 427 views