Pemda Dompu, Kembali Berikan Beasiswa Program Pendidikan Tinggi Vokasi

PusakaPublik.com, Dompu – Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan atau akrab disebut AKJ-SYAH memberikan kesempatan kepada masyarakat belajar ilmu pertambangan.

Kesempatan itu diberikan dengan membuka Program Studi (Prodi) Metalurgi Ekstasi/Teknik Pertambangan bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin Makassar melalui program beasiswa pendidikan tinggi vokasi.

Peluang yang disebutkan sekarang ini sedang dalam proses pendaftaran Calon Mahasiswa Baru oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekertariat Daerah Kabupaten Dompu.

Sebelumnya Pemda Dompu melalui program yang sama juga telah membuka program pendidikan tinggi vokasi dengan tiga jurusan yaitu jurusan yang berkaitan dengan sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Ketiga jurusan itu adalah Prodi Agribisnis, Prodi Agribisnis Budi Daya Laut dan Prodi Teknologi Pakan Ternak. Ketiga Prodi ini diperlukan mendukung Program Jarapasaka yang menjadi program unggulan pemerintah daerah.

Dibukanya Prodi Teknik Pertambangan sebagaimana disebutkan menjadikan program pendidikan yang dibiayai pemerintah daerah melalui program beasiswa pendidikan tinggi vokasi bertambah satu lagi menjadi empat jurusan.

Terkait pembukaan Prodi Teknik Pertambangan dalam program beasiswa pendidikan tinggi vokasi bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas), Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP, dalam penjelasannya Via Watshapp, Rabu (03/07/24) menyebut sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat.

Disebutkannya kegiatan pertambangan oleh PT. Sumbawa Timur Mining (STM) akan segera masuk ke tahap konstruksi dan produksi di tahun 2030. Hal tersebut menurutnya membuat Sumber Daya Manusia (SDM) jurusan teknik pertambangan dibutuhkan.

Tenaga kerja berkualifikasi ketrampilan dan jurusan teknik pertambangan pasti juga dibutuhkan oleh PT. STM.

“Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu membuka jurusan teknik pertambangan melalui program beasiswa pendidikan tinggi vokasi bekerjasama dengan Unhas Makassar menjadi peluang yang baik bagi masyarakat khususnya para lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat”, tutupnya. (09)

Dilihat sebanyak : 34 views