Mahasiswa STKIP YAPIS Dompu akan Mengikuti KKN Internasional

Dompu, Pusakapublik.com.– Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapis Dompu, terus memperluas jaringan kerjasama internasional. Salah satunya mengikutkan mahasiswanya sebagai peserta KKN Internasional dengan Universitas College MAIWP Internasional (UCMI), Malaysia.

Rencananya lima hingga sepuluh mahasiswa STKIP Yapis Dompu dipastikan akan  mengambil bagian dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional pada November mendatang. Kegiatan itu merupakan bagian dari Nota Kesepahaman  STKIP Yapis dan sejumlah  perguruan tinggi swasta se-NTB  dan UCMI.  Hal itu dikemukakan Ketua STKIP Yapis Dr Dodo Kurniawan SE ME ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/10).

Menurut Doktor muda jebolan Universitas Brawijaya Malang ini, KKN internasional tersebut akan memberikan beberapa keuntungan bagi mahasiswa di kampus yang dipimpinnya.

”Selain akan merasakan atmosfer internasional mereka  juga bisa mengenal keragaman budaya yang berbeda-beda,” ujarnya.

Selain, kata dia, tentu saja para mahasiswa maupun pihak kampus masing-masing dapat menjalin kerjasama lebih luas baik di bidang riset, publikasi bersama maupun peningkatan sumberdaya manusia seperti program pertukaran mahasiswa atau studi lanjut.

“Kerjasama semacam ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan semangat MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” tambahnya. 

Lokasi KK Internasional direncanakan di Lombok dan akan berlangsung 45 hari. Selanjutnya, kata Dodo, akan ditindaklanjuti dengan kunjungan ke kampus  UCMI, Malaysia selama 21 hari atau 3 pekan.

Selain mahasiswa KKN Internasional dan Dosen Pembimbing Lapangan, kunjungan juga akan diikuti pimpinan masing-masing perguruan tinggi untuk menjajaki secara dekat beberapa jenis kerjasama yang dapat dijalin.

“Kunjungan ke Malaysia ini diagendakan pada April mendatang,” jelas Dodo sambil menambahkan kerjasama sama ini dipimpin oleh Politeknik Medica Farma Husada Mataram.

Selain STKIP Yapis Dompu, beberapa kampus yang tergabung dalam kerjasama ini adalah STIE Yapis Dompu, STIE Bima, STKIP Bima, STIPAR Soromandi Bima dan Universitas Al-Azhar Mataram,. (10)

Dilihat sebanyak : 211 views