Doktor Iwan Harsono Beri Kuliah Umum di STIE Yapis Dompu

Pusakapublik.com, Dompu – Ada rahmat yang di turunkan dari langit untuk keluarga besar STIE Yapis Dompu, melalui lisan seorang doktor yang namanya sangat terkenal di NTB bahkan Indonesia. Membagikan ilmu yang beliau punya, dengan penjelasan dan narasi yang runut, simple, mudah di pahami serta sangat mendalam.

Selasa 17 Januari 2023, bertempat di Aula Kampus STIE Yapis Dompu, Dr. Iwan Harsono, SE. M.Ec menyampaikan Kuliah Umum di hadapan lebih kurang seratus mahasiswa dan dosen STIE Yapis Dompu, di damping langsung oleh Pengurus YAPIS Dompu Bapak Furkhan, SH. MH dan Plt. Ketua STIE Yapis Dompu Dr. Dodo Kurniawan, SE. ME dengan tema ” Kondisi Perekonomian Global dan Pengaruhnya Pada Perekonomian Indonesia dan Provinsi NTB”.

Dr. Iwan Harsono, SE. M.Ec dikenal sebagai pakar ekonomi terkemuka, berlatar belakang sebagai seorang dosen di Universitas mataram sejak 1987, lulusan luar negeri dan lama tinggal di luar negeri di beberapa negara besar dunia.

Foto Bersama Bapak Dr. Iwan Harsono, SE. M.Ec dengan Pengurus Yayasan Bapak Furkan, SH. MH dan Plt. Ketua STIE Yapis Dompu Dr. Dodo Kurniawan, SE. ME

Selain itu, beliau juga berkarir  sebagai penasihat dan tenaga ahli untuk Gubernur NTB, pembicara dan narasumber di beberap seminar, beberapa kali menjadi ketua tim untuk seleksi jabatan pratama dan utama untuk beberapa daerah di NTB serta menjadi penulis yang cukup produktif dengan beberapa kajiannya yang di gunakan sebagai bagian pertimbangan dalam pembangunan.

“Jangan pernah kecewa ketika melihat orang lain sukses ” merupakan kata-kata pembuka acara kuliah umum tersebut. Perkenalan diri, keluarga, latar belakang pendididkan, pekerjaan serta aktivitas beliau disampaikan dengan runut, membuat peserta yang mendengarkannya menjadi kagum akan sosok beliau, yang ternyata memiliki darah Dompu dari kakeknya.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa ilmu ekonomi mengajarkan manusia untuk sejahtera. Dalam kegiatan ekonomi, termasuk empat pilar utama yaitu Planning atau perencanaan, Actuating atau penggerak/pelaksanaan, Organizing atau mengorganisasi/memenej, serta Controlling atau pengendalian.

Pada kesempatan itu, Doktor Harsono juga menyampaikan kepada mahasiswa bahwa pondasi ilmu ekonomi terdiri atas tiga pilar utama yaitu produksi, distrubusi serta konsumsi, dan ilmu ekonomi sendiri tumbuh sejak terjadinya Revolusi Industri 1.0.

Nampak Bapak Dr. Iwan Harsono, SE. M.Ec sedang memberikan Materi Kuliah Umum dihadapan Mahasiswa STIE Yapis Dompu

Disampaikan juga bahwa dalam kegiatan pembangunan di suatu daerah, salah satu indicator yang menjadi penentu kemajuanya adalah angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan komponen yang harus di penuhi adalah Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi.

Mahasiswa sebagai generasi muda, yang saat ini dimudahkan oleh teknologi, serta pemangkasan jarak melalui system online, harus bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki serta mengambil peran dalam kegiatan pembangunan melalui pembentukan pribadi yang kreatif, peka terhadap peluang serta inovatif dalam mengembangkan diri.

“ Kita tidak boleh sakit, harus pintar dan mempunyai pendepatan yang tinggi” ujar beliau sebelum mengahiri penyampaian materi.

Foto Bersama Bapak Dr. Iwan Harsono, SE. M.Ec dengan Bapak dan Ibu Dosen STIE Yapis Dompu

Beberapa pertanyaan dari mahasiswa, dengan keberagaman materi yang cukup mendalam, serta interaksi yang penuh kekeluargaan menjadi acara pamungkas pada Kuliah Tamu tersebut.

“Ciri-ciri perguruan tinggi yang sukses adalah ketika mampu memberikan kebebasan berpikir, dan STIE Yapis Dompu telah melakukan itu” Tegasnya. (ds)

Dilihat sebanyak : 122 views