Ini Capaian Prestasi Kampus STKIP YAPIS Dompu Hingga Juni 2023

Berdasarkan surat Dirjen DIKTI nomor 0183/E5.5/AL.04/2023 perihal Pengumuman Klaterisasi Perguruan Tinggi tertanggal 8 Maret 2023. Bahwa sesuai Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tanggal 28 Februari tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menggunakan Basis Data SINTA dalam periode tahun 2019-2021.

Hanya 880 PT yang masuk Klasterisasi dari total Perguruan Tinggi Se Indonesia sebanyak  4,492.  Ada 4 klasterisasi mulai dari Klaster Utama. Madiri, Madya dan Pratama. Dimana Klaster Mandiri hanya 40 PT, Klaster Utama hanya 160 PT, dan Madya hanya 238 serta 459 Klaster Pratama.

Dan, Alhamdulillah Kampus STKIP YAPIS Dompu mampu mencatatkan Sejarah dengan Masuk Klaster Madya berada bersama/ masuk 238 PT dan atau Masuk 400 PT se Indonesia dari 4.492 PT.

Tentu capaia ini cukup impresif mengingat Kampus STKIP YAPIS Dompu mampu sejajar dengan Kampus Besar lainnya di NTB, seperti Universitas Muhamadiyah Mataram dan Universitas Samawa, yang dari sisi usia sangat jauh. Karena Saat ini Kampus STKIP YAPIS Dompu baru berumur 14 Tahun.

Selain itu juga, STKIP YAPIS Dompu pada bulan April 2023, Sebanyak 10 Mahasiswa STKIP YAPIS Dompu Lolos untuk mengikuti Program Kemendikbud Ristek yakni Kampus Mengajar.

Adapun mahasiswa-mahasiswa yang telah dinyatakan Lolos pada Program Kampus Mengajar Bact. 5, antara lain; 1. Nurhairatu Prodi PSJ, 2. M. Yanbaqi Prodi PBING, 3. Tita Apriati Prodi PSJ, 4. Juliana Putri Mentari Prodi PJKR, 5. Yanti Febrianti Prodi PBSI, 6. Junaidin Prodi PSJ, 7. Ika Prodi PGSD, 8. Imelda Saputri Prodi PBING, 9. Maryatun Islamiah Prodi PGSD, 10. Karmila Prodi PBING.

Juga tepat tanggal 31 Mei 2023 sebanyak 13 Orang Mahasiswa STKIP YAPIS Dompu Lolos Program Pertukaran Mahasiswa Kemendikbud Ristek yang salah satu kampus tujuan adalah UGM. Dan Menorehkan sejarah dengan Jumlah Mahasiswa yang terbanyak untuk Kampus Sepulau Sumbawa.

Adapun mahasiswa-mahasiswa yang telah dinyatakan Lulus program Pertukaran Mahsiswa Merdeka sebagai berikut; 2 orang diterima pada Universitas Jember (Jumiati Muslimah dan Wulandari), 5 orang diterima pada IKIP Budi Utomo Malang (Landi, Rahmawati, Mariam Ulfa, M. Satria dan Dwi Adinda), 2 orang diterima pada Universitas PGRI Yogyakarta (Hanina R, dan Siri Nur), 1 orang diterima di Universitas Negeri Malang (Ninda), 1 orang diterima pada Universitas Pendidikan Indonesia (Fadhillah),  1 orang diterima pada Universitas Negeri Jakarta (Hidayatul Islamiyah) dan 1 orang diterima pada Universitas Gajah Mada (UGM).

Dan Berdasarkan surat Dirjen DIKTI nomor 0557/E5.5/AL.04/2023 perihal Pengumuman Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023 tertanggal 1 Juni 2023. Bahwa sesuai Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0536/E5/PG.02.00/2023 tanggal 30 Mei  tentang Penerima Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023.

Dimana, Berdasarkan SK di atas Sebanyak 9 Dosen STKIP YAPIS Dompu Meraih Kompetisi Hibah Kemendikbud Ristek melalui skema Penelitian Dosen Pemulan (PDP) sebanyak 5 orang dan Skema Pengabdian kepada masyarakat (PkM) sebanyak 4 orang. Dengan Total 9 Hibah ini, STKIP YAPIS Dompu kembali mecatatkan sejarah menjadi kampus dalam Bentuk Sekolah Tinggi Peraih Hibah TERBANYAK di Wilayah LLDIKTI 8 (Bali-NTB).

Adapun dosen-dosen yang Peraih Kompetisi Hibah Kemendikbud Ristek RI sebagai berikut; Eka Yulianti, M.Pd. (Prodi PBSI-PDP), Lili Suryaningsih, M.Pd. (Prodi PBSI-PDP), Hasan, M.Pd. (Prodi PBSI-PDP), Supriyadin, M. Kom. (Prodi PTI-PDP), Nurjannah, M.Pd. (Prodi PSjr-PDP), Andi Prayudi, M. Kom. (PTI-PkM), Arif Bulan, M.Pd. (Prodi PBing-PkM), dan Arifi, MM.Pd. (Prodi PTI-PkM), serta Taufik, M.Pd. (PBSI-PkM).

Capaian-capaian di atas telah menarik minat Masyarakat Dompu, Bima Hingga NTT untuk Kuliah di STKIP YAPIS Dompu, Tercatat Calon Mahasiswa Baru yang mendaftarkan diri di STKIP YAPIS Dompu pada gelombang pertama dan telah mengikuti tes masuk pada tanggal 3-4 Juni 2023 sebanyak 303 Orang. Jumlah ini menjadi jumlah terbanyak selama 5 tahun terakhir.

Dan, Alhamdulillah, pada tanggal 9 Juni 2023 kami mendapatkan capaian yang Impresif lagi, Dimana sebanyak 8 orang Dosen STKIP YAPIS DOMPU dinyatakan Lolos sebagai Sertifikasi Dosen Profesional dan Berhak Mendapatkan Tungajangan Serdos.

Adapun dosen-dosen yang telah dinyatakan Lulus program Sertifikat Dosen sebagai berikut; Mulya Yusnarti, M.Pd. (Prodi PGSD), Lili Suryaningsih, M.Pd. (Prodi PBSI), Nur Wahyuni, M.Pd. (Prodi PBing), Supriyadin, M. Kom. (Prodi PTI), Nurjannah, M.Pd. (Prodi PSjr), Diana Purwati, M.Ed (TESOL), (Prodi PBing), Angga Putra, M.Pd. (Prodi PGSD), dan Amal Fauqi, M.Pd. (Prodi PJKR).

Inilah yang kami ingin Tegaskan dan sampaikan sembari mengharap do’a dan dukungan Masyarakat Dompu, Pemerintah Kabupaten Dompu, Kepala LLDIKTI Wilayah 8 (Bali-NTB), Agar Capaian-capaian di atas dapat kami jaga dan kami tingkatkan untuk tahun-tahun berikutnya.

Itu Semua Kami DEDIKASIKAN  sebagai Bentuk Komitmen Menuju Kampus Unggul.”

STKIP YAPIS DOMPU… Jadikan PRESTASI sebagai TRADISI. (Adventorial)*

*Kerjasama Pusakapublik.com dengan STKIP YAPIS Dompu.

Dilihat sebanyak : 691 views