Sosok Penting Dibalik Mempesonanya Produk WBTB Muna Pa’a

PusakaPublik.Com, Dompu – Sebagai masyarakat daerah yang bermotokan Bumi Nggahi Rawi Pahu (Kabupaten Dompu) tentunya kita layak bangga dengan daerahnya.

Perjalanan sejarahnya dari waktu ke waktu Kabupaten Dompu telah memiliki Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

WBTB tersebut merupakan sebuah karya agung dari para leluhur daerah yang tentunya tidak dimiliki oleh daerah lain dan hanya dimiliki Kabupaten Dompu.

Salah satu dari produk WBTB tersebut adalah Produk Muna Pa’a yang sekarang ini telah menjadi ikon Produk Kebanggaan Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebagai WBTB Muna Pa’a dihasilkan dari akar budaya para leluhur daerah dimasa silam yang kini dihidupkan kembali sebagai sebuah identitas daerah Kabupaten Dompu.

Salah satu sosok penting dibalik mempesokan Muna Pa’a sehingga dalam kekinian menjadi produk kebanggan bagi masyarakat Kabupaten Dompu diantara banyak sosok yang lainnya yaitu Ketua Dekranasda, Ny. Hj. Lilis Suryani H. Kader Jaelani dan juga Ketua GOW, Ny. Hj. Siti Faridah H. Syahril Parsan.

Kedua perempuan hebat yang menjadi inspirasi bagi warga Bumi Nggahi Rawi Pahu ini masing-masing merupakan istri dari Bupati dan Wakil Bupati Dompu.

Kedua beliau dalam berbagai kesempatan masing-masing bersama istri di momen yang resmi atau tidak resmi selalu mempromosikan Muna Pa’a.

Dalam acara Karnaval dan juga Fashion Street yang digelar dalam memeriahkan Dompu Expo 2024 ikut ambil bagian menyemarakkan sekaligus memotivasi masyarakat Dompu mencintai produk Muna Pa’a.

“Kita harus bangga dengan produk Muna Pa’a sebagai satu dari WBTB yang dipunyai Dompu kemudian berupaya mengenalkannya keberbagai lapisan masyarakat”, kata Ny. Lilis Suryani H. Kader Jaelani dan Ny. Hj. Siti Faridah H. Syahrul Parsan dalam suatu kesempatan.

Dalam gambar terlihat kedua beliau sedang ambil bagian dalam kegiatan Muna Pa’a Fashion Street di Event Dompu Expo, Selasa (25/06/24) di Lapangan Karijawa Dompu. (09)

Dilihat sebanyak : 67 views